MANAJEMEN KANTOR DAN INFORMASI
MANJEMEN KANTOR DAN INFORMASI
I.
PENDAHULUAN
A. LATAR
BELAKANG
Menurut James A.F manajemen adalah suatu proses perencanaan (Planning),
Pengorganisasian (Organizing), kepemimpian, dan upaya pengendalian anggota
organisasi dan menggunakan sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah
ditetapkan. Dari paparan yang dijelaskan
di atas menunjukan bahwa manajemen adalah suatu keadaan yang terdiri dari
proses yang ditujukan oleh garis (line) yang mengarah keproses perencanaan.
Manajemen
perkantoran adalah rangkaian aktifitas yang merencanakan. Mengorganisasikan,
mengarahkan, mengawasi, dan mengendalikan penyelenggaraan yang sudah di
tetapkan agar berjalan dengan tertib. Dalam perkantoran modern semua kegitan
yang dilakukan dalam perkantoran menggunakan alat-alat otomasi perkantoran. Manajemen perkantoran
adalah suatu kegiatan pengelolaan data dan informasi yang dilakukan secara
teratus, sistematik dan terus menerus, mengikuti kegiatan organisasi dengan
tujuan mencapai keberhasilan tugas organisasi yang bersangkutan.
Manajemen
informasi adalah pengelolaan data yang didalamnya mencakup proses mencari, menyusun, mengklasifikasikan, serta
menyajikan berbagai data yang terkait dalam berbagai kegiatan yang dilakukan
oleh perusahaan sehingga dapat menjadi landasan untuk pengambilan keputusan
dalam manajeman.
Orang- orang yang ada dalam
suatu perusahaan atau bekerja didalam perusahaan harus memahi betul manajemen kantor dan
informasi, agar perusaan tersebut bisa mencapai tujuan yang di inginkan dalam
rapat bersama. Sehingga mereka harus mengikuti aturan-aturan yang sudah
disepakati dan bekerja sesuai yang sudah diterapkan dalam perusahaan tersebut.
B. TUJUAN
1. Mengetahui pengertian manajemen kantor dan
informasi.
2. Mengetahui definisi tata kerja, prosedur
kerja, dan pedoman kerja.
3. Mengetahui cara menyusun buku pedoman
kerja .
4. Mengetahui manfaat ditetapkannya tata
kerja, prosedur kerja, dan buku pedoman kerja.
C. RUMUSAN MASALAH
1. Apa pengertian manajemen kantor dan
informasi?
2. Apa pengertian definisi tata kerja,
prosedur kerja, dan pedoman kerja?
3. Bagaimana cara menyusun buku pedoman
kerja?
4. Apa manfaat ditetapkannya tatakerja,
prosedur kerja, dan buku pedoman kerja?
II.
TEORI
A. PENGERTIAN MANAJEMEN MENURUT PARA AHLI
1. Edwin Robinson dan
William Leffingwell
"Manajemen
Perkantoran dapat didefinisikan sebagai perencanaan, pengendalian, dan
pengorganisasian pekerjaan perkantoran, serta penggerakkan mereka yang
melaksanakannya agar mencapai tujuan-tujuan yang telah ditentukan lebih
dahulu."
2. George R. Terry
"Manajemen
perkantoran adalah perencanaan, pengendalian dan pengorganisasian pekerjaan
perkantoran, serta penggerakan mereka yang melaksanakan agar mencapai
tujuan-tujuan yang telah ditentukan."
3. Millis Geoffrey
"Manajemen kantor
adalah seni membimbing personel kantor dalam menggunakan sarana yang sesuai
dengan lingkungannya demi mencapai tujuan yang ditetapkan."
4. W.H. Evans
"Administrasi
perkantoran merupakan fungsi yang menyangkut manajemen dan pengarahan semua
tahap operasi perusahaan mengenai pengolahan bahan keterangan, komunikasi, dan ingatan
organisasi."'
B. PENGERTIAN MANAJEMEN INFORMASI
1. Bodnar dan
Hopwood ; buku Accounting Information System : Kumpulan perangkat
keras dan perangkat lunak yang dirancang untuk mentransformasikan data dalam
bentuk informasi yang berguna.
2. Turban, McLean, dan
Waterbe ; buku Information Technology for Management Making Connection for
Strategies Advantages : Sistem yang mengumpulkan, memproses, menyimpan,
menganalisa, dan menyebarkan informasi untuk tujuan yang spesifik.
3. L. James Havery ;
Sistem merupakan prosedur logis dan rasional guna melakukan atau merancang
suatu rangkaian komponen yang berhubungan satu sama lain.
4. Ludwig Von
Bartalanfy ; Sistem merupakan seperangkat unsur yang saling terikat dalam
suatu antar relasi di antara unsur-unsur tersebut dengan lingkungan.
5. O’brien ; Sistem
adalah sekelompok komponen yang saling berhubungan, bekerja sama untuk mencapai
tujuan bersama dengan menerima input serta menghasilkan output dalam
transformasi yang teratur.
6. Azhar Susanto ;
Sistem adalah kumpulan/group dari sub sistem/bagian/komponen apapun baik fisik
maupun non fisik yang saling berhubungan satu sama lain dan bekerja sama secara
harmonis untuk mencapai satu tujuan tertentu.
C. PENGERTIAN MANAJEMEN KANTOR
Manajemen kantor adalah suatu
kegiatan pengolah data dan informasi yang dilakukan secara sistematik, teratur,
dan terus menerus sesuai dengan yang telah ditetapkan perusahaan untuk mencapai
tujuan perusahaan.
D. PENGERTIAN MANAJEMEN INFORMASI
Manajemen
informasi adalah pengelolaan data yang didalamnya mencakup proses mencari, menyusun, mengklasifikasikan, serta
menyajikan berbagai data yang terkait dalam berbagai kegiatan yang dilakukan
oleh perusahaan sehingga dapat menjadi landasan untuk pengambilan keputusan
dalam manajeman.
III.
ANALISIS
A. PENGERTIAN MANAJEMEN KANTOR DAN INFORMASI
a. Pengertian Manajemen Kantor
Manajemen kantor adalah suatu
kegiatan pengolah data dan informasi yang dilakukan secara sistematik, teratur,
dan terus menerus sesuai dengan yang telah ditetapkan perusahaan untuk mencapai
tujuan perusahaan.
b. Pengertian Manajemen Informasi
Manajemen
informasi adalah pengelolaan data yang didalamnya mencakup proses mencari, menyusun, mengklasifikasikan, serta
menyajikan berbagai data yang terkait dalam berbagai kegiatan yang dilakukan
oleh perusahaan sehingga dapat menjadi landasan untuk pengambilan keputusan
dalam manajeman.
B. DEFINISI TATA KERJA , PROSEDUR KERJA, DAN
PEDOMAN KERJA
a. Definisi Tata Kerja
Tata kerja adalah suatu cara
yang di tempuh untuk mengatur sebuah pekerjaan agar terlaksana dengan baik dan
mencapai tingkat efisien yang maksimal.
b. Prosedur Kerja
Prosedur kerja adalah
rangkaian tata kerja yang berkaitan satu sama lain sehingga menunjukan adanya
suatu urutan tahap demi tahap serta jalan yang harus ditempuh dalam rangka
penyelesaian suatu bidang tugas.
c. Pedoman kerja
Pedoman kerja adalah suatu
standar/pedoman tertulis yang dipergunakan untuk mendorong dan menggerakkan
suatu kelompok dalam perusahaan untuk mencapai tujuan atau target yang sudah
ditetapkan dalam standar kerja.
C. CARA MENYUSUN BUKU PEDOMAN KERJA
1. Tentukan
untuk apa rencana kerja disusun.
2. Tulislah pendahuluan dan latar belakang.
3. Tentukan tujuan dan target.
4. Susun rencana dengan target-target yang
“SMART”
5. Cantumkan sumber daya yang Anda miliki.
6. Kenali batasan yang ada.
7. Siapa yang bertanggung jawab?
8. Tulis strategi.
D. MANFAAT DI TETAPKANNYA TATA KERJA,
PROSEDUR KERJA, DAN BUKU PEDOMAN KERJA
1. Alat untuk mengatur tata ruang kantor.
2. Alat untuk mempersiapkan mekanisme
prosedur kerja.
3. Sebagai pola yang dapat menjabarkan tujuan
kerja, sasaran kerja, program kerja, fungsi-fungsi dan kebijakan dalam kegiatan
dalam perusahaan.
4. Sebagai alat untuk menyelesaikan
perselisahan dalam berkerja atau didalam hubungan pekerjaan.
5. Sebagai pedoman kerja untuk para karyawan
yang melaksanakan atau semua pihak yang berkepentingan dalam suatu
perusahaan/organisasi.
6. Sebagai alat untuk pembagian kerja agar
mencapai tujuan dengan maksimal dan mengatur frekuensi kerja yang tepat.
7. Sebagai standardisasi dan pengendalian
kerja setepat-tepatnya.
8. Tugas-tugas dapat dilaksanakan secara teratur
dan tepat waktu.
9. Mempermudah para pekerja untuk menjalankan
tugasnya.
10. Keletihan dalam bekerja dapat diatasai.
11. Pekerjaan yang terbengkalai dapat diatasi.
12. Tujuan perusahaan/organisasi dapat
tercapai secara efektif.
IV.
REFERENSI
Yuk Merapat Best Betting Online Hanya Di AREATOTO
BalasHapusDalam 1 Userid Dapat Bermain Semua Permainan
Yang Ada :
TARUHAN BOLA - LIVE CASINO - SABUNG AYAM - TOGEL ONLINE ( Tanpa Batas Invest )
Sekedar Nonton Bola ,
Jika Tidak Pasang Taruhan , Mana Seru , Pasangkan Taruhan Anda Di areatoto
Minimal Deposit Rp 20.000 Dan Withdraw Rp.50.000
Proses Deposit Dan Withdraw ( EXPRES ) Super Cepat
Anda Akan Di Layani Dengan Customer Service Yang Ramah
Website Online 24Jam/Setiap Hariny