BISNIS PROPERTY


Bisnis Properti








Kelompok 6 Pengantar Bisnis 1EB14 :

Haris Halomaan N                 23215058
Hasna Salsabila                    23215082
Indra Hardiyanto                 23215354
Inneke Agustina                    23215386
Raihan Rahdinugroho         25215587
Wuri Sri Rahayu                   27215207

Universitas Gunadarma
2015




KATA PENGANTAR

                Assalamu’alaikum wr. wb
            Salam sejahtera untuk kita semua.
            Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat dan rahmatNya kami dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Bisnis Properti” guna memenuhi tugas Pengantar Bisnis.
            Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan mendukung sehingga makalah ini dapat diselesaikan tepat waktu. Makalah ini membahas segala hal yang berkaitan dengan Bisnis Properti. Dalam makalah ini dijelaskan tentang cara memulai usaha bisnis properti, strategi pemasaran bisnis properti, dan contoh bisnis properti.
             Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas dan menjadi sumbangan pemikiran kepada pembaca khusunya para mahasiswa/i Universitas Gunadarma. Makalah ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun dari Ibu Fitria selaku Dosen Pengantar Bisnis dan para pembaca demi kesempurnaan makalah kami di kemudian hari.
            Sekian dan terimakasih. Wassalamu’alaikum wr. wb.

Depok, 31 Oktober 2015


Penulis,
Kelompok 6 Pengantar Bisnis 1EB14




KATA PENGANTAR -------------------------------------------------------------2

DAFTAR ISI --------------------------------------------------------------------------3

BAB 1. PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang -----------------------------------------------------------------4
1.2 Tujuan Penulisan --------------------------------------------------------------4
1.3 Rumusan Masalah -------------------------------------------------------------4

BAB 2. ISI
2.1 Cara Memulai Usaha Bisnis Properti --------------------------------------5
2.2 Strategi Pemasaran Bisnis Properti ---------------------------------------5
2.3 Contoh Bisnis Properti ---------------------------------------------------6

BAB III. PENUTUP
3.1 Kesimpulan ----------------------------------------------------------------------8
3.2 Saran -----------------------------------------------------------------------------8

BAB IV. REFERENSI ----------------------------------------------------------------------9




BAB 1. PENDAHULUAN
1.1.     Latar Belakang
Seiring dengan berkembangnya zaman, semakin berkembang pula bisnis properti, khususnya di Indonesia. Terdapat berbagai macam bisnis properti, seperti perumahan, apartemen, hotel, wisma, ruko, dan sebagainya. Bisnis properti berkembang di Indonesia sejak dahulu, namun tidak berkembang pesat layaknya saat ini. Dahulu bisnis properti sebagian besar dijalankan oleh penduduk pribumi. Saat ini bisnis properti dijalankan oleh penduduk pribumi dan asing yang menanamkan investasi di Indonesia.
Bisnis properti dapat menguntungkan pihak penjual dan pembeli. Hal ini dikarenakan bisnis properti adalah penunjang kebutuhan pokok manusia untuk memiliki usaha dan tempat tinggal, serta mudah ditemukan melalui media massa dan sosial. Selain kedua hal tersebut, bisnis properti juga menawarkan harga terbaik bagi para penduduk. Harga tersebut dapat dicicil melalui bank-bank besar yang bekerja sama dengan usaha bisnis properti yang bersangkutan.
Namun, saat ini kendala ekonomi mulai memasuki puncaknya. Para pengusaha harus berpikir keras demi mempertahankan bisnis properti mereka. Banyak cara dilakukan para pengusaha dan investor untuk semakin mengembangkan dan menarik perhatian para pembeli saat keadaan nilai mata uang Indonesia menurun. Tetapi, ada pula para pengusaha dan investor yang menutup usaha bisnis mereka. Oleh karena itu, dalam makalah ini akan dijelaskan beberapa cara dan strategi yang dapat membantu untuk meningkatkan usaha bisnis properti di Indonesia.
1.2. Tujuan Penulisan
  •  Menjelaskan cara memulai usaha bisnis properti
  • Menjelaskan strategi pemasaran bisnis properti
  • Mengetahui contoh bisnis properti
1.3. Rumusan Masalah
  • Bagaimana cara memulai usaha bisnis properti?
  • Bagaimana strategi pemasaran bisnis properti?
  •  Apa saja contoh bisnis properti?



BAB 2. ISI

2.1.      Cara Memulai Usaha Bisnis Properti
  • Teguhkan Niat

Kita harus memiliki niat untuk memikirkan setiap tindakan yang akan dilakukan karena bisnis ini adalah bisnis berisiko tinggi. Apakah bisnis properti ini akan menjadi lahan investasi untuk masa depan Anda atau tidak? Dan apakah bisnis ini akan memberikan keuntungan yang menjanjikan atau tidak bila Anda membukanya di lingkungan sekitar Anda?
  •  Mempelajari Seluk Beluk dan Memilih Macam Bisnis Properti

Anda harus mencari tahu seluk beluk bisnis properti dan menentukan bisnis properti apa yang akan anda jalani. Kemudian, Anda juga harus mencari tahu informasi pengalaman para pengusaha lain agar Anda semakin mengetahui apa saja yang dapat dilakukan untuk kemajuan usaha bisnis Anda.
  • Menabung atau Mengumpulkan Modal

Dalam memulai bisnis properti ini Anda membutuhkan jumlah dana yang cukup besar. Menabung merupakan jenis investasi sederhana dan mudah yang dapat dilakukan setiap orang.
  •  Melakukan riset atau Penentuan Lokasi

Setelah uang terkumpul Anda harus menentukan lokasi. Tentu saja Anda harus  mencari lokasi yang cukup strategis demi kelancaran bisnis properti Anda. Tidak lupa untuk memperhatikan perkembangan kota tersebut, apakah menjamin atau tidak jika bisnis properti Anda dimulai di daerah tersebut
  • Berinovasi

Setelah Anda dapat menjalankan bisnis properti sesuai dengan keinginan Anda, tidak ada salahnya jika Anda tetap melakukan inovasi-inovasi untuk menyempurnakan bisnis properti Anda.
  • Menjalankan Strategi Pemasaran

Setelah lokasi sudah siap dan bangunan sudah jadi, jalankan strategi marketing untuk memasarkan bisnis properti kita.


2.2.      Strategi Pemasaran Bisnis Properti

  •  Memanfaatkan media promosi yang cukup efektif.

Salah satu hal yang dapat membantu usaha bisnis Anda adalah mempromosikan melalui media yang efektif seperti koran, tabloid, televisi, bahkan membuat website pemasaran. Hal ini dapat menghemat waktu dan uang Anda serta dapat menjangkau para konsumen di berbagai tempat. Anda juga dapat melakukan Open House untuk menciptakan kepercayaan kepada para konsumen.

  • Memperhatikan Kualitas Produk Property Anda

Anda harus sangat memperhatikan kualitas property Anda yang akan di promosikan. Mulai dari kebersihan lingkungan sekitar, faktor pencahayaan serta pemandangan alam, kelengkapan legal document (surat izin bangunan), serta kenyamanan dan keamanan untuk para penghuni.

  • Kenali Pelanggan Anda

Dalam menjalankan bisnis properti, Anda harus memiliki target konsumen agar tidak membuang waktu Anda seperti saat mempromosikan melalui brosur di jalan atau di mall. Bagaimana caranya? Anda harus berlatih dalam memperlancar komunikasi yang baik dengan para pelanggan.


  • Berikan Jam Layanan yang Fleksibel Pada Konsumen

Anda harus memberikan ruang transaksi yang luas dan nyaman. Anda harus mendahulukan kepentingan pembeli terlebih dahulu dengan bersedia melakukan transaksi kapan dan dimana saja, sesuai yang diinginkan dengan konsumen Anda.


2.3.      Contoh Bisnis Properti
  • Residensial atau Tempat Hunian (rumah susun, perumahan, apartemen)














  • Bangunan Komersil atau Tempat Usaha (rumah sakit, hotel, motel, wisma, ruko,dll)












·         Bangunan Industry

 

 




·         Property Untuk Tujuan Khusus (tempat ibadah)





 









 






BAB 3. PENUTUP

3.1.      Kesimpulan
Dari penulisan di atas, kami menyimpulkan bahwa bisnis properti merupakan bisnis yang mudah berkembang pesat di kalangan masyarakat. Bisnis properti mengajak para pengusaha untuk menanamkan modalnya di Indonesia. Bisnis properti pun juga menarik perhatian konsumen untuk membeli properti-properti demi kebutuhan pokok.
Macam bisnis properti adalah tempat huni, tempat usaha, tempat ibadah, dan tempat industri. Bisnis properti tidak dapat dilakukan dengan sangat mudah melainkan harus berpikir keras dalam menentukan cara dan strategi pemasaran yang benar. Hal tersebut dapat mempengaruhi kemajuan usaha bisnis properti. Oleh karena itu, kami telah menyajikannya dengan terinci seperti pada penulisan di atas.
Sekian penulisan yang kami berikan. Mohon maaf bila terdapat kekurangan. Terima kasih.

3.2.      Saran




BAB 4. REFERENSI

Komentar

  1. Dapatkan Panduan Lengkap Bisnis Properti :

    ---> https://bit.ly/2FKU33t
    ⁣---> https://bit.ly/2FKU33t
    ⁣---> https://bit.ly/2FKU33t

    BalasHapus
  2. Yuk Merapat Best Betting Online Hanya Di AREATOTO
    Dalam 1 Userid Dapat Bermain Semua Permainan
    Yang Ada :
    TARUHAN BOLA - LIVE CASINO - SABUNG AYAM - TOGEL ONLINE ( Tanpa Batas Invest )
    Sekedar Nonton Bola ,
    Jika Tidak Pasang Taruhan , Mana Seru , Pasangkan Taruhan Anda Di areatoto
    Minimal Deposit Rp 20.000 Dan Withdraw Rp.50.000
    Proses Deposit Dan Withdraw ( EXPRES ) Super Cepat
    Anda Akan Di Layani Dengan Customer Service Yang Ramah
    Website Online 24Jam/Setiap Hariny

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SELEKSI TENAGA KERJA DAN PENEMPATAN (Pertanyaan)

SELEKSI TENAGA KERJA DAN PENEMPATAN