KUALIFIKASI DAN KEBUTUHAN SEKRETARIS DALAM BISNIS
KUALIFIKASI DAN KEBUTUHAN
SEKRETARIS DALAM BISNIS
I.
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Sering kita
mendengar hal yang tak sedap dikehidupan sehari-hari mengenai sekretaris ,
masih banyak yang mengira sekretaris harus berpakaian ketat dengan rok pendek ,
ber make-up tebal , harus mempunyai
badan yang bagus. Pikiran seperti itu harus di hilangkan karena tidak semua
sekretaris harus memakai pakaian yang ketat dan rok pendek tetapi mereka di
tuntut untuk berpakaian sopan dan menarik jadi tidak harus dengan baju ketat dan
rok pendek , sekeretaris juga di tuntut untuk sigap dalam segala hal , baik terhadap atasan , bahawan , pimpinan ,
rekan kerja satu tim , atau rekan mitra bisnis. Sekretaris juga mempunyai
kualifikasi seperti harus di tuntut berpakaian menarik , smart , cekatan ,
loyalitas dan bisa menjaga hubungan baik dengan mitra bisnis kantor mereka
bekerja. Maka , dari itu saya ingin menjelaskan arti dan fungsi tentang
sekretaris.
B. Tujuan
1. Menjelaskan arti dari sekretaris
2. Mengetahui peran sekretaris dalam bisnis
3. Mengetahui kualifikasi sekretaris dalam bisnis
4. Menjelaskan kebutuhan sekretaris dalam bisnis
C. Rumus Masalah
1. Apa yang dimaksud dengan sekretaris ?
2. Apa peranan sekretaris dalam bisnis?
3. Bagaimana kualifikasi sekretaris dalam bisnis ?
4. Apa saja kebutuhan sekretaris dalam bisnis?
II. TEORI
A. PENGERTIAN SEKRETARIS DALAM BISNIS
Sekretaris biasa
digunakan dalam dunia perkantoran karena sekretaris inti penting dari sebuah
perusahaan atau perkantoran. Sekretaris juga digunakan untuk membantu para
petinggi perusahaan atau pimpinan perusahaan untuk menyelesaikan tugas-tugas
yang tidak dapat di pegang oleh pimpinan. Sekretaris diambil dari bahasa latin
“secretum”
yaitu rahasia.
Secara definisi, kata sekretaris dapat kita pahami dari beberapa definisi :
1. Menurut M. Braum dan Ramon, sekretaris adalah seorang pembantu dari seorang kepala atau pimpinan yang menerima pendiktean, menyiapkan surat-menyurat, menerima tamu, memeriksa, atau mengingatkan pimpinannya mengenai kewajibannya yang resmi atau perjanjiannya dan melakukan banyak kewajiban lainnya yang berhubungan guna meningkatkan efektivitas dari pimpinannya mengenai kewajiban lainnya yang berhubungan untuk meningkatkan efektivitas pimpinannya.
2. Menurut Drs. The Liang Gie mengatakan bahwa sekretaris adalah seorang petugas yang pekerjaannya menyelenggarakan urusan surat-menyurat termasuk menyiapkan bagi seorang pejabat penting atau organisasi.
3. Menurut Drs. Ig. Wursanto mengatakan bahwa sekretaris adalah seorang pegawai yang bertugas membantu pimpinan kantor dalam menyelesaikan pekerjaan-perkerjaan pimpinannya.
B.
PERANAN SEKRETARIS
Peranan sekretaris
bagi perusahaan sangat penting yaitu untuk kelancaran kegiatan pimpinan dalam
hal administrasi. Berikut ini adalah peranan sekretaris :
1.
Sebagai perantara hubungan yang baik bagi
orang yang ingin berkomunikasi dengan pimpinan.
2.
Bila pimpinan mengadakan rapat , maka
sekretaris yang akan menyiapkan segalanya.
3.
Memberikan motivasi kerja kepada pegawai
bahawan .
4.
Apabila pimpinan akan keluar daerah maka
sekretaris harus menyiapkan segalanya.
5.
Sekretaris bisa disebut juga dengan
notulen.
6.
Menentukan kebijakan yang
berlaku bagi pegawai bawahan secara adil.
7.
Mediator bawahan dan atasan.
8.
Menyiapkan agenda untuk pimpinannya.
C.
KUALIFIKASI SEKRETARIS
Selain bukan
hanya wajah atau penampilan yang menarik dan modis sekretaris juga harus
mempunyai kualifikasi standart dalam dunia bisnis karena untuk menjadi sekretaris
tidak lah gampang karena harus mempunyai kualifikasi yang sangat ketat. Berikut
standart kualifikasi dalam bisnis bagi seorang sekretaris :
1.
Harus mempunyai daya ingat yang kuat
2.
Harus mempunyai intelegensi
3.
Mampu menguasai bahasa asing maupun
bahasa sendiri
4.
Harus mempunyai keterampilan
5.
Harus mau bekerja keras
6.
Mempunyai kepribadian yang menarik , baik
dan unik
7.
Loyalitas dan dedikasi kepada perusahaan
sangat lah besar
8.
Mempunyai pengetahuan yang luas
D.
KEBUTUHAN SEKRETARIS DALAM BISNIS
Sekretaris
adalah pekerja professional, sekretaris berhubungan rapat dengan karyawan,
mengawasi pekerja personil lainnya, dan bertanggung jawab terhadap banyak pekerjaan
administrative yang penting.
Ada
bermacam-macam sekretaris, seperti personal secretary, private secretary,
business secretary, dan executive secretary. Personal secretary diperlukan
untuk melakukan pekerjaan dirumah seperti businessmen yang sudah pension, actor
dan penulis. The private secretary diperlukan sebagai pembantu eksekutif dalam
perusahaan besar untuk mengelola koresponden dan mengawasi pekerjaan
administrative.
Pekerjaan
secretary antara lain, mencatat pesan-pesan eksekutif, mengedit, mengawasi
pegawai, urusan korespondensi, kearsipan, tugas-tugas sosial, menerima telepon,
sebagai resepsionis, dan berbagai pekerjaan administratif lainnya.
III. ANALISIS
A. PENGERTIAN SEKRETARIS DALAM BISNIS
Sekretaris dalam
umum adalah seseorang yang menjalankan tugas atau menyelesaikan tugas untuk
membantu para petinggi atau pimpinan dalam menjalani perusahaan yang tidak bisa
di pegang sendiri oleh pimpinan dalam mengambil keputusan atau mengadakan rapat
atau menulis surat untuk perusahaan lain.
B. PERAN SEKRETARIS DALAM BISNIS
Peran sekretaris
dalam bisnis sangat lah penting karena itu berguna dalam perusahaan contohnya
seperti menyiapkan agenda untuk perusahaan , menulis surat yang akan dikirim ke
prusahaan lain , harus cekatan dan sigap dalam segala hal
C. KUALIFIKASI SEKRETARIS
Sebelum masuk
sebagai sekretaris , calon yang mendaftar sebagai sekretaris harus memiliki
kualifikasi yang layak dalam sebuah perusahaan yang dia lamar dan dia harus
memenuhi kualifikasi standart tersebut seperti memiliki daya tangkap yang kuat
dn tajam , memiliki intelegensi di atas rata-rata dan harus memiliki
kepribadian yang unik , menarik dan baik karena seorang sekretaris harus bisa
menjaga martabat perusahaan yang dia lamar dan memberikan citra baik perusahaan
sendiri ke orang lain.
D. KEBUTUHAN SEKRETARIS DALAM BISNIS
Selain peran dan
kualifikasi , sebuah perusahaan juga membutuhkan sekretaris tidak hanya untuk
menulis saja atau menyiapkan agenda tapi seorang sekretaris juga bisa di
tempatkan di personal sekretaris yaitu untuk mengawasi atau melakukan pekerjaan
di rumah. Bisa juga di tempatkan di private
secretary, business secretary, dan
executive secretary.
REFERENSI :
Yuk Merapat Best Betting Online Hanya Di AREATOTO
BalasHapusDalam 1 Userid Dapat Bermain Semua Permainan
Yang Ada :
TARUHAN BOLA - LIVE CASINO - SABUNG AYAM - TOGEL ONLINE ( Tanpa Batas Invest )
Sekedar Nonton Bola ,
Jika Tidak Pasang Taruhan , Mana Seru , Pasangkan Taruhan Anda Di areatoto
Minimal Deposit Rp 20.000 Dan Withdraw Rp.50.000
Proses Deposit Dan Withdraw ( EXPRES ) Super Cepat
Anda Akan Di Layani Dengan Customer Service Yang Ramah
Website Online 24Jam/Setiap Hariny